Home > Pemrograman > Sepuluh Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan (Januari 2011)

Sepuluh Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan (Januari 2011)

Berikut adalah daftar bahasa pemrograman yang diurutkan berdasarkan peringkat yang dibuat oleh  TIOBE Programming Community Index.

Posisi pada Januari 2011 Bahasa Rating

1

Java 17.773%

2

C 15.822%

3

C++ 8.783%

4

PHP 7.835%

5

Python 6.265%

6

C# 6.226%

7

(Visual) Basic 5.867%

8

Objective-C 3.011%

9

Perl 2.857%

10

Ruby 1.784%

Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Java unggul dalam pengembangan aplikasi mobile, pemrograman berbagai perangkat dan pada pengembangan aplikasi enterprise.

Bahasa C/ C++ merupakan standar untuk membuat sistem operasi dan berbagai aplikasi desktop. C/ C++ adalah bahasa pemrograman sistem yang paling banyak digunakan. Kebanyakan aplikasi desktop yang terkenal dibuat menggunakan C++. Misalnya MS Office, Macromedia Flash, Adobe Photoshop atau 3D Max. Dua bahasa ini juga mendominasi bisnis pemrograman game.

PHP mendominasi pada Web. Sementara Java banyak digunakan oleh organisasi-organisasi besar, PHP digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan individu. PHP digunakan untuk membuat aplikasi web dinamis.

C# adalah bahasa pemrograman utama pada platform Microsoft .NET yang bersamanya adalah Visual Basic, lingkungan ini mewakili popularitas dari RAD (Rapid Application Development).

Perl, Python dan Ruby adalah bahasa scripting yang paling banyak digunakan. Mereka berbagi banyak kesamaan dan merupakan pesaing dekat.

Objective-C adalah bahasa pemrograman utama dari ekosistem Apple yang sedang meningkat popularitasnya bersama dengan banyaknya pengguna Apple iPhone dan iPad.

Sebagai tambahan informasi yang diambil dari sini, terkait peningkatan pengguna Python :

Python-Django

Python has become the “de facto” standard in system scripting (being a successor of Perl in this), but it is used for much more different types of application areas nowadays. Python is for instance very popular among web developers, especially in combination with the Django framework. Since Python is easy to learn, more and more universities are using Python to teach programming languages.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

*

Skip to toolbar